Minggu, 12 Juni 2011

Percobaan Kimia Sederhana

Judul : Memeram Buah
Tujuan : Mengetahui cara memeram buah-buahan menggunakan karbit



Alat :
- Baskom plastik
- Karung goni
- Kain
- Pasir

Bahan :
- Batu karbit
- Air
- Buah-buahan mentah seperti pisang dan mangga

Cara Kerja :
- Bungkus batu karbit (sekitar 50 gr) dengan kain basah, lalu letakkan di tengah salah satu tumpukan buah yang akan di peram.
- Tutup tumpukan buah dengan karung goni dan bak plastik.
- Timbun pinggiran bak dengan pasir agar gas karbit tidak keluar.
- Peram buah selama 2-3 hari.
- Buka peraman dan biarkan buah-buahan tersebut di udara terbuka selama satu hari untuk menghilangkan bau karbit.


Penjelasan :
Hormon sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan. Macam hormon yang terdapat pada tumbuhan antara lain auksin, giberlin, sitokinin, etilen, dan asam absisat. Etilen merupakan satu-satunya hormon tumbuhan yang berbentuk gas. Gas etilen dapat mempercepat pemasakan buah, contohnya pada buah tomat, pisang, mangga, dan jeruk. Buah-buah tersebut dipetik dalam keadaan masih mentah dan berwarna hijau. Selanjutnya, buah-buah tersebut dikemas dalam kotak berventilasi dan diberi gas etilen untuk mempercepat pemasakan buah sehingga buah sampai di tempat tujuan dalam keadaan masak.

Pada tahun 1934, R.Gane berhasil membuktikan bahwa etilen disintesis oleh tumbuhan dan berperan untuk mepercepat pematang buah. Etilen adalah gas yang dikeluarkan terutama oleh buah yang sudah tua. Jika buah yang sudah tua diletakkan di suatu tempat tertutup, buah akan cepat masak. Hal itu karena buah tersebut mengeluarkan gas etilen yang mempercepat pemasakan buah. Para pedagang sering memeram buah dengan gas etilen agar cepat masak.

Etilen, adalah senyawa C2H2 , memiliki nama trivial atau dagang gas karbit atau gas asetilena dan nama IUPAC etuna. Gas karbit tergolongan alkuna karena memiliki ikatan karbon rangkap tiga. Gas karbit dihasilkan dari reaksi antar batu karbit (Kalsium karbida = CaC2) dengan air. Dalam kehidupan sehari-hari, selain digunakan untuk memeram buah-buahan, gas karbit juga dapat digunakan untuk mengelas logam dan mengisi balon gas.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar