Kamis, 09 Juni 2011

Tips Sukses Belajar Kimia



Sering kita merasa belum bisa memahami pelajaran kimia. Untuk lebih meningkatkan pemahaman kita dalam mempelajari ilmu kimia, berikut ini beberapa tips yang kami beri nama dengan 5B yaitu:

1. Bisa / Percaya Diri

Kita harus percaya bahwa kita akan sukses dalam belajar kimia. Percaya diri merupakan modal utama dalam menghadapi suatu tantangan, termasuk dalam belajar kimia. Perilaku seseorang itu merupakan hasil pikirannya. Jadi, kalau kita berfikir kimia adalah pelajaran yang mudah bagi kita, maka kita akan mudah dalam belajar kimia. Sebaliknya jika kita berfikir kimia adalah pelajaran yang sulit bagi kita, maka kita akan kesulitan dalam belajar kimia. Tentu saja diringi dengan banyak berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa.


2. Bahagia /Kimia Menarik


Kuatkan niat dan tekat untuk mempelajari kimia, bukan hanya karena di sekolah atau di kuliah ada pelajaran kimia. Pelajari kimia dengan mengenal kimia lebih dekat, kita akan mampu memahami banyak fenomena alam atau masalah keseharian menarik yang ada disekitar kita. Buat materi kimia dalam bentuk lagu, puisi, cerpen, singkatan ataupun istilah yang membuat kita semakin senang mempelajari dan memahami kimia.

3. Berkaitan /Hubungkan dalam keseharian

Hubungkanlah ilmu kimia yang telah kita pelajari dengan kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika akan minum sirup, kita menambahkan 1-2 sendok makan sirup ke dalam segelas air. Apa yang terjadi jika kita melakukan hal yang sebaliknya? Sirup menjadi manis dan tidak enak, bukan?. Dalam kegiatan tersebut, kita mendapat pengalaman mengenai konsentrasi larutan.
Ketika melihat garam dapur yang berbetuk padatan yang berwarna putih, kita harus membayangkan bahwa sejumlah padatan putih tersebut terdiri atas milyaran atom atau ion yang berukuran sangat kecil. Karena jumlahnya sangat banyak, kumpulan atom atau ion itu akhirnya kita lihat dan kita rasakan kehadirannya.Sebagian besar ilmu kimia bersifat abstrak. Maka buatlah gambaran nyata apa yang kita pelajari. Atom, molekul, ikatan kimia adalah hal yang abstrak yang tidak dapat dilihat dan dirasakan secara langsung. Bentuklah gambaran imajenatif yang dapat membantu kita memahaminya. Misalnya, atom-atom kita banyangkan sebagai bola atau lingkaran. Tiap atom dari unsur yang berbeda digambarkan seperti bola-bola yang berbeda warna, ukuran dan kekerasannya.

4. Berkesinambungan


Sifat ilmu kimia berurutan dan berkembang secara cepat. Sering kali topik-topik kimia harus dipelajari dengan urutan tertentu. Misalnya, untuk dapat memahami ikatan kimia, terlebih dahulu kita harus memahami materi struktur atom dan system periodik unsur-unsur. Oleh karena itu sangat perlu membuka kembali pelajaran-pelajaran kimia sebelumnya.

5. Berdiskusi / Belajar Bersama

Belajar bersama dan berdiskusi merupakan hal yang sangat dianjurkan. Dengan belajar bersama, kita saling membantu, karena setiap orang pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Dengan saling mengajarkan antar teman, maka ilmu tersebut akan semakin “melekat” pada otak kita. Saling membantu kawan dalam belajar juga mendidik kita agar tidak egois dan saling memahami antar kawan. Sifat-sifat tersebut sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan hidup kita selanjutnya.
Berdiskusi juga bisa memunculkan hal-hal baru dalam mempelajari kimia. Kita dapat menggunakan cara berbeda untuk hal yang berbeda. Kimia bukan hanya pelajaran hitung menghitung, melainkan juga berisi beberapa fakta yang harus diingat, kosa kata khusus harus dipahami dan hukum-hukum yang mengaitkan satu ide dengan ide yang lain. Mempelajari fakta, tentu berbeda dengan mempelajari teknik berhitung. Untuk mengingat fakta, kita dapat menggunakan jembatan keledai. Untuk memahami konsep, kita harus mencatat dengan baik konsep tersebut, perhatikan kata-kata kuncinya, hubungkan dengan konsep yang telah kita pelajari sebelumnya.
Nah, Mudah dan asyik, khan?!

Penulis :
Kurniawan Widodo (Guru Kimia SMKN 2 Pontianak) dan
Hamdil Mukhlisin, S.Pd (Ketua Lingkar Siswa Khatulistiwa Pontianak)

1 komentar: